Kencur, Sang Herbal Berkhasiat

Assalamualaikum Wr.Wb

     Ketemu lagi kita gaes, hehe. semogaaa kalian selalu diberi kesehatan secara jasmani dan rohani ya agar bisa selalu mantengin postingan postingan baru dari blog ini.
Karena disini saya hanya ingin sekedar berbagi ilmu yang saya punya kepada kalian agar semua tahu, bahwa blog ini bukan cuman sekedar basa basi yang gak berarti namun juga bermanfaat bagi kalian semua :D
Oke, lalu setelah itu tak lupa kita panjatkan puji syukur kepada Yang Maha Kuasa, sebab Dia lah yang selalu memberi kita kesehatan, rezeki yang tiada batasnya.
kemudian pada kesempatan kali ini saya ingin membahas Kencur, Temu-temuan yang berkhasiat.

APA ITU KENCUR?????

⧪ Menurut Wikipedia, Kencur (Kaempferia Galanga L.) Adalah ......
 adalah salah satu jenis empon empon / tanaman obat dalam suku temu-temuan (zingibreaceae).

⇾  KENAPA KITA BAHAS KENCUR ?

➽Ya Karena Kencur itu :  pertama, mudah ditemukan di sekitar wilayah kita, kedua, mudah dibudi daya, ketiga, jika ingin budidaya hanya modal tanah dan pasir saja sudah cukup untuk menghidupi si kencur ini. Hmm dasar bau kencur :D

    Langsung aja kita ke pembahasan secara detailnya gaes, Lets Check This Out !!!!

KENCUR

1. Nama 

Nama Ilmiah  : Kaempferia Galanga L.
Nama Daerah  : Ceuko, tekur (aceh), kaciwer (Batak), cakue (minang), cikur (sunda), sikor                                           (kalimantan), cekuh (bali), Cakuru (makasar), assauli (Ambon), Ukap (irian).
Nama  Asing   : humula (benggala), kamung (burma), prao, shan nai (china), herbe e kemfer (prancis)

B. Ciri Fisik

Sosok   : terna berbatang semu yang tumbuh merumpun.
Daun    : bulat melebar dengan ujung mengecil. tumbuh agak merapat dengan permukaan tanah,                        jumlahnya banyak, warna hijau segar, agak kebal, tangkai daun amat pendek berwarna                         keputihan.
Bunga   : Berwarna Ungu Keputihan, Mungil, Berbau harum, muncul di sela daun, mudah gugur.
Rimpang : tumbuh bergerombol dan menjalar, jika dibelah maka tampaklah daging rimpang yang                          berwarna putih, kulit rimpang berwarna cokelat muda mengilap, aroma rimpang kencur                        terasa lembut bila dibandingkan tanaman kerabat zingiberaceae lainnya.

C. Asal

Diketahui dari negara bollywood (INDIA)


D. Tempat Tumbuh

    Di negara kita, tanaman satu ini mudah tumbuh subur. Tanaman dapat di tanam di dalam pot atau halaman pekarangan untuk bumbu dapur atau bahan obat. Tanah gembur, subur, dan sedikit berpasir cocok sekali ditanami

E. Budidaya

    Perbanyakan kencur cukup gampang. Pilih rimpang yang sudah cukup tua, tetapi masih segar dan langsung ditanam. dari rimpang tersebut akan tumbuh tunas. selain itu, dapat pula rimpang segar ini disimpan di gudang 1-2 minggu terlebih dahulu agar mengeluarkan tunas sebelum di tanam di tanah. 


F. Kandungan Ilmiah

  Minyak atsiri yang terdiri atas borneol, methyl-p-cumaric acid, cinnamid ethyl ester, pentadecane, cinnamic aldehyde, camphene.

G. Khasiat untuk pengobatan 

  1. Obat tetanus

Siapkan rimpang kencur sebesar 3 jari. Tambahkan daun jinten setengah genggam dan daun ngokilo 18 lembar. cuci bersih ramuan dan potong-potong seperlunya. rebuslah dengan 3 gelas air bersih. tambahkan 3 jari gula enau. Biarkan air perebusan hingga sekitar 3/4 nya. Air rebusan didinginkan, baru di saring dan diminum sebanyak 3/4 gelas. Sebaiknya ramuan ini diminum 3 kali sehari.

 2. Keracunan Tempe Bongkrek

Bahan yang disiapkan ialah rimpang kencur 1/2 jari, daun sambiloto 1/4 genggam, daun kumis kucing 1/3 genggam, gula enau 2 jari, serta daun belimbing wuluh 1/4 genggam. bahan di cuci bersih lalu di potong potong seperlunya. Rebuslah bahan dengan 2 gelas air bersih hingga tinggal 1/4 nya. Dinginkan airnya lalu disaring. minum 2 kali sehari. sekali minum cukup 3/4 gelas.

 3. Muntah-Muntah

Siapkan 1,5 jari kencur. cuci bersih lalu berikan untuk dikunyah pada penderita bersama sedikit garam. sesudah halus kencur ditelan dan kemudian minum air hangat . Lakukan 2 kali sehari.

 4. Keracunan jamur 

Ambillah rimpang kencur 1 jari, daun sambiloto 1/3 genggam, dan daun jintan 1/4 genggam untuk mengobatinya . Tumbuk bahan sampai halus dan tambahkan air masak 3/4 gelas. Peras dan saringlah. Lantas minumkan ke penderita yang sudah muntah-muntah. cukup diminum sekali sehari.

 5. Khasiat lain

Jamu beras kencur biasanya diminum untuk menambah daya tahan tubuh, menghilangkan masuk angin, kelelahan, dan oh iya jerawat juga gaes bagi kamu yang punya jerawat banyak dimuka bisa diatasi dengan mengonsumsi beras kencur ini, rasanya yang manis dan sering ditemui bukan suatu halangan untuk kamu mencoba, iya kan hehe. 

  Dan masih banyak lagi khasiat dari kencur ini, namun keterbatasan waktu sehingganya hanya saya cantumkan 5 + bawahnya itu kan banyak tadi :D
 Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun, jika ada saran atau kritik yang sekiranya bisa memperbaiki keacakan blog ini, monggo bisa di luapkan lewat kolom komentar bawah ini, silahkan yang penting jangan rasis dan sara okeeee. 
See You Next Time !
SALAM HERBAL !!

Wassalamualaikum Wr.Wb

Source: Wikipedia dan buku bapak saya sendiri 
  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Kencur, Sang Herbal Berkhasiat"

  1. Mantap bangg, lanjutkan terus artikel yang memberi pengetahuan selalu, semangat okee

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke thank you bang. tunggu artikel selanjutnya :)

      Delete
  2. bagus bagus artikelnya, cocok dengan ku yang suka kesehatan herbal

    salam w3.edukasibahasainggrisdotcom

    ReplyDelete
  3. Lengkap materinya. Makasih ya. Webnya juga cocok.

    ReplyDelete

Waktu Dan Tempat, Untuk Mengomentari Saya Di Persilahkan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel