Sirih, Daun Sejuta Makna

Assalamualaikum Wr.Wb

hay gaess, wassap mafreennnn? 
oke gaes gimana kabar kalian?  baik baik saja bukan? semoga kalian selalu diberi kesehatan selalu ya !
pertama-tama marilah kita ucap syukur kepada Yang Maha Kuasa atas nikmat yang telah diberikan sehingganya kita dapat bertemu lagi di blog ini yang masih dalam tahap perbaikan secara terus menerus hehe.
pada kesempatan kali ini saya ingin membahas apa si daun sirih itu?
DAUN SIRIH? Lah Kan nama aslinya daun suruh? Sirih apaan njir? Sirik kalik yak? hehe
langsung alasannya saja ya gaes : Kenapa Sirih? First, dikarenakan dirumah saya dulu ada sirih, dan saya flashback inget kamu, iya kamuuu :v
serius aja kali ya, pertama, karena di rumah dulu ditembok tembok rumah banyak sekali sirih berkeliaran liar melilit-lilit dan merambat apapun yang dia lewati, alasan kedua secara budidaya.
(Budidaya terozzzz dari artikel pertama sampe sekarang), ya emang kenyataan lho gaes dari artikel pertama sampe sekarang ini kalo dilihat lihat secara budidaya juga sangat gampang, maka dari itu saya dulu suka dengan daun sirih, tapi entah kenapa dia menghilang begitu saja, dan sekarang dirumah saya gak ada sama sekali, kalo ada yang punya bibitnya, kabarin saya ya gaes via wa or email (bisa dilihat di sitemap)
langsung saja kita bahas secara detail tentang sirih : daun sejuta makna ini,
okay, LET'S CEKIDOTTTTT!!!

SIRIH

A. Nama

Nama ilmiah  : Piper betle L.
Nama Daerah : Suruh, sedah (jawa), seurreuh (sunda), ranubuwit (dayak), base (bali), nahi (bima),                               gapura (bugis), mota (flores), dan afo (sentani)
Nama Asing   : Ju Jiang (China)

B. Ciri Fisik

Sosok  : tumbuh merambat, mirip tanaman lada.
Tinggi : mencapai 5-15 m tergantung pertumbuhan dan tempat rambatnya.
Batang : Berwarna hijau kecoklatan
Daun    : berbentuk jantung, agak kasar bila diraba, warna kekuningan, hijau tua, atau hitam, sirih                       kuning banyak dipakai untuk makan karena rasanya kurang pedas, sirih hijau tua, rasanya                   pedas, banyak dipakai untuk obat karena kandungan minyak atsirinya lebih tinggi, sirih                       berdaun hitam biasa digunakan sebagai obat.
Bunga  : tersusun dalam bulir, merunduk, panjang 5-15 cm.
Buah    : buah buni, bulat, berdaging, berwarna kuning hijau.

C. Tempat Tumbuh

Tanaman Sirih menyukai tempat yang terbuka atau sedikit terlindung, yang penting ada rambatan.




D. Pembudidayaan

Tanaman sirih biasanya diperbanyak dengan setek batangnya. Pilih lah batang yang sudah agak tua dan terdiri dari 4-6 ruas. Semaikan dahulu ditempat yang teduh. Tunggu tumbuh subur sebelum dipindahkan ke pekarangan

E. Kandungan Ilmiah

Minyak atsiri, hidroksivacikol, kavicol, kavibetol, allypyrokatekol, karvakrol, eugenol, eugenol methyl ether, p-cymene, cineole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpenena, sesquiterpena, fenilpropana, tanin, diastase, gula, pati.


F. Khasiat untuk pengobatan

  1) Menghilangkan bau badan

Rebuslah 5 lembar daun sirih segar dengan 2 gelas air. perebusan dilakukan hingga airnya tinggal 1 gelas. Air ini diminum siang hari.

  2) Mimisan atau keluarnya darah dari hidung

Ambillah 1 lembar daun sirih segar yang agak muda. Cuci hingga bersih. Daun ditekuk dua lalu tekukannya digulung sebesar lubang hidung. Lantas gulungan daun sirih dimasukkan kehidung yang berdarah. Lakukan sampai darah berhenti mengalir. Usahakan penderita tetap duduk tegak agar darah tidak mengalir ke belakang rongga hidung.

  3) Pembersih mata yang gatal atau merah.

Rebuslah 5-6 lembar daun sirih muda yang baru dipetik dengan 1 gelas air. Setelah mendidih, air didinginkan, basuh mata dengan air rebusan tadi sehari 3 kali.

  4) Koreng atau gatal-gatal.

Ambil 20 lembar daun sirih yang cukup tua. Rebus dengan air sekitar 3-4 gelas. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk mencuci bagian badan yang terkena koreng atau gatal.

  5) Obat Sariawan

Petiklah 1 atau 2 lembar daun sirih. Bersihkan lalu kunyah daun tersebut hingga lumat. Biarkan sebentar didalam mulut, terutama dibagian yang terkena sariawan.

  6) Khasiat Lain

Air rebusan sirih bisa juga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut apabila dikumur kumur. selain itu dapat mengurangi jerawat apabila dibasuhkan ke muka. Daun sirih yang dimakann dengan pinang dan kapur juga diyakini mampu menguatkan gigi agar tak mudah tanggal.

dan masih banyak lagii khasiat dari daun sirih, namun keterbatasan waktu saya hanya mencantumkan seadanya yang saya tau hehe.

oke sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf, dan saya minta buat kalian semua yang sering mengunjungi blog ini, jangan lupa tinggalkan komentar yang bersifat membangun untuk blog saya ini. Terimakasih buat kalian semua, Love you All !!
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. See You Next Time !

SALAM HERBAL !!!

Wassalamualaikum Wr.Wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Sirih, Daun Sejuta Makna"

Waktu Dan Tempat, Untuk Mengomentari Saya Di Persilahkan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel