Takut Kanker? Atasi Saja Dengan Ciplukan

Assalamualaikum Wr.Wb 

Ceplukan atau ciplukan adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan berbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet (sd.) nyurnyuran(Md), dan kopok-kopokan (Bl).
Di Indonesia, banyak sekali yang kenal tanaman semak ini? Apakah Kalian tau? Mungkin Anak Nolep yang gak tau tumbuhan ini, browsing aja gaess nolep itu apa biar kalian tau.

Dan sekarang tumbuhan ini comeback dengan kelangkaan dan kemahalannya pada tahun ini, walapun begitu buah ini banyak sekali manfaatnya lho buat kesehatan, apa saja manfaat ciplukan bagi tubuh, yuk simak pembahasan ini !



  • Kandungan Buah dan Daun Ciplukan     

Ciplukan (Physalis angulata L.) sebenarnya tumbuhan yang berasal dari kawasan tropis amerika latin yang tersebar luas ke berbagai penjuru dunia termasuk indonesia. Di Indonesia sendiri, ciplukan kerap dijumpai dai daerah persawahan, pinggir kebun hingga tepi hutan.

      Sayangnya, keberadaan ciplukan saat ini sudah jarang ditemukan, langkanya ciplukan membuat harganya melambung tinggi lho, kamu tahu hingga mencapai 250-500 ribu rupiah perkilogram. Semua itu dibayar lunas dengan khasiatnya juga yang banyak, Tinggi harga buah ciplukan saat ini kontan membuat masyarakat geleng geleng kepala. Bagaimana tidak, buah ciplukan yang dahulu dipetik secara gratis karna hidup liar dan banyak sekarang harus diganti deng upah yang harganya cukup luarbiasa.

Meski begitu, kandungan yang ada di buah ciplukan terdapat senyawa penting, diantaranya : Saponin, Flavonoid, Fisalin, Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, ASam Sitrun, Polifenol, Dan Vitamin C yang semuanya baik bagi tubuh kita sendiri.

Apa Saja Manfaatnya?

Manfaatnya banyak sekali diantaranya seperti anti oksidan yang mampu mencegah bebrerapa penyakit kronis, efek anti inflamasinya yang dapat menjaga kesehatan jantung hingga dijadikan obat untuk penderita kanker payudara.
Berikut secara lengkapnya :

  1. Kaya Akan Antioksidan 
Manfaat daun dan buah nya banyak berasal dari kandungan anti oksidan yang begitu tinggi sehingganya layak jadi obat alami untuk mencegah beberapa pernyakit kronis.
Zat Karotenoid dan polifenol mampu menetralkan dari radikal bebas, bahkan mampu menghentikan penyebaran berbagai jenis kanker !, Hebat bukan ?


    2. Memiliki Efek anti inflamasi

Tidak hanya buahnya, daun juga mampu mengurangi peradangan yang dimana mampu menenangkan sekaligus mempercepat penyembuhan.
Berbagai masalah seperti radang sendi, asam urat, dan wasir adapat diatasi dengan buah ajaib ini, bahkan bisa mecegah atau memperlambat perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

   3. Cocok buat kamu yang ingin langsing

Buah ciplukan termasuk makanan berkalori rendah, hanya ada sekitar 53 kalori per 100 gramnnya. ditambah lagi kandungan nutrisi didalam daun mampu membantu nutrisi harian yang dibutuhkan. jadi sangat cocok buat kamu yang ingin diet

   4. Obat herbal penyakit ganas yaitu kanker payudara

hasil penelitian ditemukan jika ekstrak daunnya memiliki efek sitotoksik yang mampu menginduksi kematian pada sel kanker payudara. jadinya ini obat alternatif untuk melawan kanker payudara, dijamin aman tanpa efek samping deh !

 5. Meningkatkan imunitas tubuh 

vitamin c yang adaa di dalam ciplukan membuktikan bahwa kehebatan dari manfaatnya begitu besar bagi kesehatan. Vitamin c dalam ciplukan bersifat antioksidan dan mampu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh,
Selain itu dapat menjaga kesehatan mata dan kulit secara keseluruhan.

6. Untuk menjaga kesehatan mata, ginjal, hati, obat herbal tuberkulosis, Menurunkan gula darah, regenerasi sel tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan khasiat lainnya.



Cara Mengonsumsi Daun dan Buah Ciplukan ?



Caranya, langsung dimakan segar tanpa diolah terlebih dahulu. makanlah buah sampai 5-10 buah di setiap hari.
untuk daunnya direbus 15-20 lembar daun kedalam 3 gelas air biarkan mendidih hingga tersaring kira kira 1 gelas air, saring kemudian minum sehari sekali atau sesuai kebutuhan.

Apa Ada Efek Samping??


Sejauh ini, buah ciplukan masih aman dikonsumsi secara jangka panjang, bahkan tidak dibatasi sama sekali kok :D kalian boleh makan sepuasnya, bisa beli atau di rumah mungkin punya sendiri, mungkin langka sekarang, orang dirumah saya sendiri udah gak ada hehe.

Oke cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, jangan lupa timggalkan komentar ya!

See You next Time !

Salam Herbal !


Wassalamualaikum Wr.Wb


source : Wikipedia, google

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Takut Kanker? Atasi Saja Dengan Ciplukan "

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Jangan lupa untuk selalu istiqomah bang dalam beribadah, dan jangan mudah terpengaruh orang lain oke !

    ReplyDelete
  3. Mantab gan. Ditempatku juga dikenal dengan nama ciplukan.... namun sekarang sudah langkah sekali...

    ReplyDelete

Waktu Dan Tempat, Untuk Mengomentari Saya Di Persilahkan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel